IKI-20230/80230: Sistem Operasi

Rahmat M. Samik-Ibrahim
Agustus - Desember 2005

Jadual Kuliah, Ujian, dan Bobot Penilaian

Bagian "Jadual dan Bobot" ini sengaja ditampilkan paling awal, sebab merupakan hal yang paling sering ditanyakan!

Pengajar/Presidium Ketua Kelas/Interaksi

Penjelasan Umum

Sasaran Pembelajaran

Rujukan

Metoda

Metoda pembelajaran diupayakan sedekat mungkin dengan prinsip yang berpusat pada peserta ajar. Setiap pertemuan akan didahului/dimulai dengan dengan diskusi dan tanya-jawab. Diskusi akan dipimpin secara bergantian oleh masing-masing peserta. Mengingat ini merupakan kuliah tingkat dasar, kognitif hanya sampai tingkatan analisa.

Rencana Pembahasan

Tugas

Tugas akan dijelaskan dalam lembaran terpisah.

Tata Tertib

Sejalan dengan aturan-aturan Fakultas, diantaranya Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia no. 1007/SK/PT02.H4.FASILKOM/PP/1/1998 tentang Tata Tertib Peserta Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, ketentuan mengikuti kuliah IKI-20230/80230 ini sebagai berikut:

  • Setiap peserta harus membaca dan memahami edaran ini, dengan menanda-tangani potongan lembaran di bawah ini. Tidak menanda-tangani ketentuan ini akan berakibat berkas ujian tidak akan diperiksa.
  • Setiap peserta harus hadir tepat waktu sesuai jadual yang telah ditetapkan.
  • Peserta yang terlambat atau keluar/masuk kelas hanya dapat masuk ke kelas pada saat JEDA.
  • Lupa mematikan peralatan elektronik (umpama Ponsel) dapat berakibat serius pada nilai partisipasi peserta.
  • Ketentuan khusus ujian:
    • Sangat dianjurkan untuk tidak kebelakang (membuang air) pada saat kuliah/ujian berlangsung.
    • Harap menandatangani daftar hadir, serta memperlihatkan kartu pengenal berfoto seperti KTM, SIM, atau KTP.
    • Membawa alat tulis-menulis secukupnya, serta satu lembar lembar memo ukuran A4 (timbal balik),
    • TIDAK DIPERKENANKAN MEMBAWA: kertas tambahan, tempat pinsil, tas, jaket, serta tidak membawa peralatan elektronis seperti kalkulator, palm, komputer, telepon genggam, pager, dan lain sebagainya.
    • Mengundurkan diri dengan alasan "tidak sehat" hanya dapat dilakukan sebelum ujian dimulai.
    • Pelanggaran ringan dapat berakibat pemotongan nilai ujian hingga 30%.
    • Pelanggaran terhadap ketentuan tata tertib ujian lainnya akan dilaporkan kepada Wakil Dekan I.
POTONG DI SINI

Pernyataan

Yang bertanda-tangan di bawah ini, telah membaca dan memahami ketentuan mata kuliah IKI-20230/80230 ini (Tanggal/Nama/NPM/Tanda-tangan):











File Revision: 154---25-Sep-2021.

© 1996-2021 --- Copyright of the files in this repository remains with the respective authors or / and producers. We are NOT responsible for the ACCURACY or LOSSES that may occur as a result of using this site. PLEASE ASSUME ALL RISKS! You are free to share, copy and redistribute the material of this site in any medium or format for any purpose, even commercially. Please give appropriate credit and acknowledgments, provide a link to the page, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner. You should not apply legal terms or technological measures, that legally restrict others from doing anything that is permitted here.

Kami TIDAK bertanggung-jawab atas KEAKURATAN mau pun KERUGIAN yang mungkin terjadi akibat memanfaatkan situs ini. HARAP MENANGGUNG SENDIRI SEGALA RISIKO! Jangan lupa mengungkapkan/ menuliskan penghargaan (acknowledgement) jika anda menggunakan bahan karya dari pihak lain. Situs ini berbasis “Google Sana, Google Sini, Coba Itu, Coba Ini, Lalu Tanya-tanyi” (GSGSCICILTT). Entah ini PLAGIAT, entah ini RISET, yang jelas tidak pernah ada klaim bahwa ini merupakan karya asli, serta belum tentu pula merupakan solusi terbaik, serta bukan untuk konsumsi Scopus :). Mohon kiranya memberikan tanggapan, terutama jika memiliki solusi alternatif. Semoga catatan ini akan bermanfaat di masa mendatang, saat sudah lupa cara menyelesaikan masalah trivia ini.

Rahmat M. Samik-Ibrahim